Headline-News

Monday 9 November 2015

Air Terjun Bayang Sani

 Air Terjun Bayang Sani ini terletak 2-3 km sebelum Objek Wisata Jembatan Akar, Air Terjun ini terletak di Desa Koto Baru, dari arah datang dari Padang Kota terletak di sebelah kanan jalan dan masuk sekitar 500m dari jalan raya, kendaraan roda empat bisa masuk sampai ke area parkir Air terjun Bayang Sani ini dan perjalanan yang ditempuh dari Padang Kota lebih kurang 1,5jam.

Menurut ceritanya Air terjun ini terdiri dari 5tingkat, tetapi yang bisa dicapai dan biasa dikunjungi hanya sampai tingkat ke tiga. Air terjun ini sangat ramai dikunjungi saat acara balimau sebelum bulan Ramadhan datang, dan lokasi ini biasanya juga dijadikan tempat perkemahan oleh para pemuda, pelajar ataupun mahasiswa yang ingin melakukan wisata alam.

Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini memang sudah sangat terkenal sejak dahulunya. Pada zaman penjajahan Belanda, Air terjun Bayang Sani ini menjadi tempat mandi-mandinya mener-mener dan nona-nona Belanda. Saking takjubnya merek pada air terjun ini, maka mereka setiap datang selalu merasa WELL COME dan mereka menamakan Objek Wisata ini Well Come.

Oleh masyarakat kampung Koto Baru, nama Well Come tersebut beradaptasi dengan pengucapan mereka sehari-hari Walikum. Air Terjun ini mirip dengan ekor kuda dan nama yang sangat populer di masyarakat sampai dekade 80-an adalah Tarasah Ikua Kudo = Air Terjun Ekor Kuda ataupun Walikum.

Di tahun 80-an ada beberapa nama daerah yang mengalami perubahan di daerah Sumatera Barat, termasuk Tarasah Ikua Kudo atau walikum ini menjadi Air Terjun Bayang Sani (Sani ini sendiri adalah salah satu nama komandan ABRI masuk desa saat itu, nama beliau dilekatkan ke Air Terjun ini sebagai tanda terima kasih masyarakat setempat karena ABRI sudah membantu membuat pipanisasi air bersih ke rumah-rumah penduduk yang diambil dari lokasi tingkat 2 Air terjun ini.

Air Terjun Bayang Sani ini salah satu Air Terjun terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan.
Air terjun Bayang sani tingkat pertama adalah air terjun yang menyambut para wisatawan saat baru sampai di lokasi. Pada air terjun tingkat pertama ini ketinggiannya hampir 80 meter,terdiri dari tiga cabang air terjun yang meliuk-liuk diatas bebatuan cadas tempat air itu mengalir. Dibawah air terjun ini ada lubuk yang telah dibuatkan kolamnya untuk tempat mandi-mandi.

Air terjun tingkat kedua hanya berupa air terjun yang tingginya sekitar 1meter, dan sebagian pengunjung tidak menyadari kalau ini sebenarnya tingkat kedua dan dilokasi ini ada bak penampungan untuk penyaluran air bersih ke rumah-rumah penduduk.

Untuk mencapai tempat ini kita harus menyusuri bukit perkebunana karet penduduk sekitar 300meter dari tingkat pertama. Kira-kira 100meter naik lagi dari sini akan ditemukan Air Terjun tingkat ketiga. Air Terjun ini berdiri tegak dan hanya satu dengan ketinggian kira-kira 25meter. Udara disini agak lembab, karena ditutupi oleh dedaunan tumbuhan hutan yang rimbun. Pada air terjun ini air dilubuknya berwarna kehijauan pertanda dalam,yang indah pada air terjun ini adalah dilubuknya yang dalam itu terdapat batu-batu besar yang menyembul ke permukaan seperti pulau-pulau ditengah lautan.

Berenang-berenang :)

Menurut cerita-cerita orang tua kampung, dibalik air terjun ini ada jalan tembus ke danau kembar. Seperti terowongan rahasia. Wallahualam. Semoga tempat ini bisa menjadi referensi untuk Wisata Alam anda berikutnya :)

Sumber : infopessel

About ""

Media Online untuk memberikan informasi yang bermanfaat

Share

Like Box

 
Copyright © 2015 Pasisia News
Powered by Pasisia News | BLS